26 August 2007

Tiang Listrik di Tengah Jalan, Singai Terang Sentaban


Sebagai pengawas Proyek Pembangunan Jalan Lidung Keminci - Setulang pada STA 3.000, terdapat tiang listrik menjorok ke badan jalan. Antara Sei Terang sampai Sentaban beberapa tiang kelihatan jelas berapa di Badan Jalan. Proses awal tiang listrik di tajak sejajar dari existing jalan, setelah Line disesuaikan Geometric jalan , akibatnya tiang tiang berada di badan jalan, It's mean masalah, di satu sisi, Listrika adalah keperluan yang prinsip dan mendasar, untuk kepentingan orang banyak, Pemasangan tiang harusnya dikoordinasikan dengan perencanaan jalan. Aktual, siapa yang harus mengeser tiang tersebut. Intinya, jangan sampai proyek keduanya saling terhambat, perlu koordinasi yang lebih intensif, baik di lapangan atau dinas terkait.

23 August 2007

Request Rian Tarakan tentang Website Malinau

Mo nanya ttg Malinau andTana Tidung. Bole kan. Taunggak sech knp situsmalinau.go.id nggk bisadibuka lagi. Apa taun iniakan diselenggarakan Irau.Posting donk info tentangGunung Rian di daerah TanaTidung n yang terakhir bisanggak bantuin cariin lagudaerah Malinau produksinyaDinas Pariwisata Malinau.Sorry banyak nanya. SemogaBlognya tetap jaya selalu. Rian

Sampai saat ini Malinau belum punya website resmi seperti Tarakan , Bulungan , dulu pernah Dinas pariwisata membuat website untuk objek wisata unggulan, tetapi mungkin karena habis kontrak servernya, website tidak on line lagi, Komunitas online Malinau mendorong untuk Malinau mempunyai Website seperti bulungan Kapan Malinau punya Website by Cristhoper.
Air Terjun Gunung Rian terletak Barat Tidung Pala, setengah jam ditempuh lewat darat, tempatnya indah, air terjun bersab 3, adri kejauhan sepanjang sungai sesayap bisa dilihat garis putih diantara hijau hutan asli. Dari Malinau masih 2,5 jam lewat darat. Selain itu Malinau ada Air terjun Semolon, Air Terjun Marthin Billa yang tidak kalah cantik. So jika ada waktu luang siap jadi Tour Guidenya.
Untuk lagu daerah saya pernah dengar lagu Tidung dan Dayak Lundaye, bagus. Jika ada siap diposting spesial buat bung Rian . Terimakasih.




21 August 2007

Rolling adalah Amanah

Selamat Kepada Pemerintahan Kabupaten Malinau, rolling untuk asisten dan kepala dinas merupakan langkah maju untuk memberi kesempatan dan penyegaran. Dalam konteks jabatan, jabatan adalah amanah. Amanah yang diberikan masyarakat Malinau untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Terimaksih kepada pendahulu yang telah meletakkan pondasi yang kuat untuk kabupaten yang baru berumur 7 tahun, saatnya kabupaten berpacu cepat untuk menegaskan visi dan misi kabupaten .
VisiKabupaten Malinau: Melanjutkan dan mempertajam program Gerbang Derma untuk kesejahteraan masyarakat yang berkadilan.
Harapan kepada para asiten dan kepala dinas yang baru dengan amanah yang diemban melanjutkan dan mempertajam Gerbang Derma.
Artinya; masyarakat Malinau menanti pelayanan yang terbaik untuk kesejahteraan yang berkeadilan.

18 August 2007

Ibukota Tana Tidung ( live report )



bagaimana menentukan ibukota kabupaten yang baru?
RUU tentang delapan kabupaten dan kotamadya akan segera disyahkan Undang undang termasuk di dalamnya dari Kabupaten Tanah Tidung, Kalimantan Timur bentukan ; 3 Kecamatan dari Kabupaten Bulungan; Sesayap, Sesayap Hilir dan Tanah lia ; 3 kecamatan dari Kabupaten Nunukan; Sembakung, Lumbis dan Sebuku. Bagaimana menentukan ibukota kabupaten baru..
Dari Tinjauan teknis penulis mencatat sebagai berikut :
1. Ibukota dari Kabupaten harus mempunyai elevasi yang cukup tinggi, sebagian dari candidat ibukota terletak di sepanjang sungai sesayap, tentunya rawan akan banjir. Pertemuan arus pasang laut dan arus sungai berada di pertemuan antara kota tidung pale dan sesayap. Perlu diestimasikan untuk jangka panjang, apakah akibat dari arus yang dikirim dari hulu mengalami kenaikan optimal dalam waktu tertentu, tidak berpengaruh terhadap tempat yang ditentukan. 100 tahun, atau lebih? tidung pala apakah tetap konsisten tidak terkena banjir.
2. Khusus pusat perkotaan yang akan tetapkan, apakah letaknya cukup bagus untuk drainase, artinya , elevasi dari pusat perkotaan harus mempunyai kelandaian yang cukup sehingga pada keadaan surplus, keadaan optimal akibat hujan dan kiriman dari beberapa tempat dapat dialirkan cepat ke sungai.
Apabila kelandaian cukup, mempunyai keuntungan. apabila tanah letak pusat perkotaan tersebut merupakan gambut tentunya , proses pematangan akan terintegrasi secara cepat untuk memampatkan air pori. Rekomendasi supaya low cost, harus dilakukan uji tanah untuk mencari daerah yang non gambut dan lempung (clay) dari satu sisi struktur bisa kita menghemat pondasi, kita tidak perlu memancang pondasi, cukup sumuran, foot plate yang lebih murah.
Dua tinjauan dari kacamata teknis, tentunya belum cukup, hukum ekonomi pun mempunya skala faktor yang tinggi untuk menjadi alasan ditentukannya sebuah ibukota kabupaten. The most important thing is ... tanah tidung for peace and wealth.

17 Agustus 2007, Kantor Bupati Malinau





17 Agustus 2007, pengalaman kali ketiga mengikuti upacara sebagai undangan KPU Malinau di halaman kantor Bupati. Upacara berjalan lancar dan khidmat, jam 9.50 wita dimulai sebagai IRUP (inspektur upacara) Bapak Bupati Malinau, Dr Drs Marhin Billa, MM.


Merdeka.., arti mendalam dari kata merdeka bagi kita adalah terimakasih kepada pendahulu kita yang telah berjoeang untuk kedaulatan dan kemerdekaan Negara. Tanpa pendahulu, kita tidak akan besar, bangsa yang besar adalah menghargai perjuangan pejuangnya.

Dalam lingkup kecil terimakasih kepada pendiri pendiri Malinau dan segala usaha upaya demi terciptanya kesejahteraan Malinau.

Dengan keadaan yang tercapai sekarang tentunya perlu kerja keras dan usaha terus menerus untuk memakmurkan Bumi INTIMUNG, Dirgahayu Negara Kesatuan Republik Indonesia ke 62. Merdeka..


(inset: Ketua KPU Malinau, H. Datuk Mansyur, and me)

04 August 2007

Theory rampung, selangkah menuju Thesis

Jum'at, 4 Agustus, akhirnya theory kuliah di Magister Pengelolaan Sarana Prsarana, Jurusan Teknik sipil, rampung. Next step, kembali bertugas sebagai Anggota KPU Malinau. Terimakasih Banyak kepada Anggota KPU Malinau ; Bung Wempi Mawa, Bapak Drs. Gamaliel Hirung Ding, H. Datuk Mansyur, Rini Iriani, Pak Sekretaris KPU, Mr Esly Farir telah memberi dorongan dan perhatiannya. Akhirnya Ananda dapat menyelesaikan Perkulihan teori, selangkah menuju thesis.
Great thanks to Allah SWT, Ayahnda H. Abdus Syukur, Ibunda, Malihah, My dearest Noni for all support, Kakanda Faizin, Aniq, Anissa n Hermanto, Husni, Shella, Hana, Lubna, Dea, Kang Kang Pondok at thobirin Krapyak , Malinau : Cristhoper my big brother, All Tukang rumah, Kepala suku Mas No, Iyon cs, Mas Okta, Pak Kia unyuk tiketnya, Mika Labo, Temen2 bendahara KPU n staff. Anggota Inkindo Malinau; Yono manager telah menage rumah, Kang Wiji. semua pihak yang memberi kontribusi penuh atas selesainya separo perjuangan panjang dalam perkuliahan.
Malinau sebagai daerah yang menempa dan memberi banyak warna dalam history perjalanan seorang Akhid. Sudah seharusnya ananda memberi kontribusi terbaik kepada pihak yang membesarkannya. 5 agustus kembali ke malinau, journey of malinau will continue in real jungle..