31 July 2007

Ide membuat lapangan pekerjaan kecil kecilan..


Beberapa bulan ini dari beberapa ketemu temen temen lama, terbersit ide sbb;


1. Benny, Manager Ramayana, sekarang lagi di Palembang, ketemu di jogja usaha yang muncul, MEMBUAT TOKO UNTUK PAKAIAN BAYI, pertimbangannya pakaian bayi tidak lapuk oleh model, dan waktu, modal tidak terlalu banyak, bahan di dapat di beberapa tempat yang murah, boleh juga di coba di Malinau..

2. Bowo, sekarang lagi freelance di sebuah kontraktor di jogja, ide yang muncul, MENYEWAKAN SCAFOLDING ( perancah untuk pengecoran), lumayan temennya di jogja, bisnis persewaan ini hanya membutuhkan, 100 unit scafolding, dan gudang serta mobilisasi, usaha di jogja dengan kerjasama persewaan tetap untuk pemerintah kodya jogjakarta, sebulan bisa meraup 5 juta, boleh juga di coba di malinau..

3. Liat Laundry di Jakal yang menjamur,USAHA LOUNDRY PAKAIAN modal 3 unit mesin cuci , voltase yang cukup, seterika, bisa mempekerjakan isteri di rumah..

4. Aniq ,Di Jalan kaliurang, sudah ada 5 dokter hewan, yang membuka grooming, memandikan hewan peliharaan sudah 4, ramai banget, pasca gempa tetap ramai, dari usaha SALON untuk Hewan Peliharaan, bisa sebualan 4-5 juta brutto, mungkin bisa di coba di tarakan,karena, dokter hewan belum ada, dan salon hewan peliharaan belum ada, orang Tarakan kalo periksa ANJING ATAU Kucing kesyangan ke Surabaya... , bisa di coba di Tarakan..

Seni mencari Judul Thesis..


Bolak balik ke perpustakaan di MPSP, review beberapa thesis yang sekiranya bisa diangkat untuk ditulis, di MPSP UGM baru 32 orang lulusan so.. penelitian masih sedikit. Padahal ruang lingkup Magister Pengelolaan Sarana Prasarana luas.., seperti memilih 1 di antara hutan belantara.

Seninya,...

1. Kalo menulis thesis, penelitian diambil di Malinau, supaya hasilnya dapat diaplikasikan di Malinau,

pilihan yang sudah masuk; Pemasangan Geotekstil jalan di Pusat Perkantoran, karena ada settlement yang signifikan;Evaluasi Kantor Bupati Malinau tentang kondisi bangunan.

2. Pingin Cepat, data mudah dan penelitian di lapangan tidak makan biaya,

Kalo pilihan yang ini sudah ada yang masuk, Underpass di Batam, data sdh di dapat ketika kemaren sepulang dari Kula Lumpur, masalahnya : apa yang diangkat, karena bangunan baru selesai.. belum ada kerusakan.

3. Mau membuat software tentang PCI( Pavement Condition Index), sudah kedahuluan oleh orang laen,


Petuah bijak Pak Harry.. kita harus mencebur, membenamkan ke perpustakaan dan mulai menganalisis masalah yang ada, akhirnya pasti akan ketemu judul thesis yang tepat.

23 July 2007

Bekerja di Malinau ....





jawaban request ma cahirul,

Bekerja di malinau ....

Malinau adalah daerah pemekaran yang sejaktahun 2000 dimekarkan dari kabupaten induk Bulungan Kaltim, nah... bagaimana komentar setelah hampir 5 tahun di daerah yang baru dimekarkan berikut catatan yang bisa direview:

1. Pada daerah yang dimekarkan pasti butuh infrastruktur yang baru, kantor bupati baru, kantor kejaksaaan baru, kantor DPRD, Kantor Polisi, Kantor pos dan infrastruktur lainnya, thus pasti butuh pelaku pelaku kontruksi yang tidak hanya dari lokal, pasti butuh dari luar, satu sisi dari infrastruktur, satu peluang kerja terbuka..

2. Tenaga Pemerintahan, untuk Malinau dari 5 tahun dibutuhkan 2500 PNS , jumlah akan bertambah dari tahun ke tahun, komposisi dari daerah baru pasokan PNS pasti dari kabupaten induk, thus sangat sulit lokal mengusahakan jumlah PNS yang kompeten dalam tahun pertama dibentuk pemerintahan baru, peluang dari luar pasti terbuka, apabila kita punya sklill dan ketulusan untuk membangun dari pemekaran tersebut. peluang terbuka kembali..

3. Dari sisi swasta, investor baru akan bermunculan sesuai demand daerah untuk membangun, contoh kecil, untuk mencukupi alat tulis kantor, pasti butuh percetakan sheet untuk lembaran SPPD(laporan perjalanan dinas), dan itu butuh dicetak oleh orang luar, so kita bisa menyuplai dari sisi ini...

4. Dari sisi technologi, pasti butuh perangkat komputer setiap kantor, aplikator, tidak mungkin dari lokal, kita bisa masuk sebagai operator. dll

ad 4 faktor yang diliat dari kacamata malinau sebagai daerah pemekaran dan masih banyak peluang lain yang bisa diliat. Ada 8 pemekaran yang disahkan oleh DPR dan itu merupakan peluang yang nyata dan menantang....

20 July 2007

minima 3 kolom

request mas cristhoper, respen tubu, malinau seberang.

untuk membuat halaman blog dengan 3 kolom, tinggal upload di templete tag download code minima 3 kolom ( download di sebelah, silakan download) dan upload sesuai gambar diatas and save.
dan silakan melukis blognya.

bonusnya, langganan koran tinggal tambah klik add a page element
and klik html/ java script dan paste codenya ( download sidebar langganan koran disebelah ) and lihat perubahannya.

18 July 2007

Tanah Tidung (Kaltim) de jure.



Tanah Tidung disetujui RUU tentang PembentukanKabupaten Kota, Delapan Daerah tersebut Kabupaten Pdang Lawas dan Padang Lawas Utara (Sumatera Utara), Kabupaten Pesawaran (Lampung), Kabupaten Kubu Raya(Kalbar), Kabupaten Tana Tidung(Kaltim), Kabupaten Manggarai Timur(NTT),Kota Serang (Banten) dan Kota Tual (Maluku).
Jumlah daerah otonom menjadi 33 provinsi, 369 kabupaten, 90 Kota.
Berdomisili di Malinau, 45 menit ke Tidung Pala( Candidat capital city), merasa bangga, dan mendukung sepenuhnya. Kaltara secara syarat Administratif 5 Kabupaten memenuhi. tinggal umur kabupaten yang menjadi kendala. waktu yang akan menjawabnya.

15 July 2007

Di KLCC, ke toilet bayar 2 RM (Rp.5.100,-)_part 2







Suria KLCC is Malaysia's premier shopping destination located at Kuala Lumpur's prestigious commercial addres, the Kuala Lumpur City Center (KLCC). Set in the heart of Kuala Lumpur's Golden Triangle. Suria KLCC offers an array of goods and services to please and pamper the needs of shoppers, from fashion, entertainment, arts &culture to local delicacies and internasional gourmets.

tulisan dibalik tissue ke toilet di KLCC( Tower Petronas), busyet yang jaga...., cleaning servisnya pakai dasi kupu-kupu, pantas bayar 5 ribu rupiah hanya untk pipis saja.


11 July 2007

journey to jogjakarta_batam_singapore_malaysia (part 1)


how come!!!, perjalanan pertama kali ke luar negeri memberi inspirasi terhadap malinau. beberapa catatan yang didapat dari perjalanan tersebut;


1. Capital City are the same, Kuala Lumpur, Jakarta, Singapore harga makanan sehari hari hampir sama, dan save bagi kita , makan chinese food lebih oke. ndak terasa beda jauh. masih bisa diterima leh perut kita. Living cost di Mallinau termasuk tinggi, catatan saya, sekali makan standar butuh kurang lebih 12.000 rupiah. sama Kulal Lumpur Nasi Lemak hampir 3 RM plus minum 1 RM so i think ndak beda jauh.
Kuala Lumpur dan Jakarta sama sama macet.
What a surprise..., malaysia dengan visit Malaysia 2007, as Malaysia trully Asia, bener, di KLCC mall nya penuh orang bule, ...bus pesiaran mantep melayani pelancong.
2. Teringat Putrajaya ( Pusat Pemerintahan Malaysia) bersih, resik dan teratur, rasanya.. malinau punya juga pusat pemerintahan di Tanjung Belimbing, Jika resik dan teratur, rasanya bisa senyaman Putrajaya .




03 July 2007

On-line di Malinau

On-line di malinau kenapa tidak?


Beberapa acces point bisa digunakan untuk on-line :
1. Kantor Bupati Malinau, adanya wireles cukup by laptop di Bapeda, sekitar Ruang KantorBupati, kita dapat acces point yang bisa digunakan ( for free) untuk online,
  • by the way usul _ rasanya dambaan pecinta internet di Malinau jika ada acces point (HOT SPOT) yang gratis( for free) untuk publik, bisa juga kita gunakan di halaman mess Pemda yang pakirnya luas sebelah Lapangan Tenis, Server bisa diletakkan di dalam mess, sehingga di halaman dibuat tempat acces point.
  • Letak Kedua mungkin di Sebelah Kantin Pemda ada tempat bangunan teras yang biasanya digunakan parkir, bagus juga kalo dibuat tempat acces point.
  • Pastilah kami kami pecinta internet, langsung kontan standing aplaus for gov,

2.Kantor WWF, Tanjung Belimbing depan DAS tiket.walaupun inklusif , dengan permisi baik baik, dengan senang hati kita bisa online. modal Laptop berwireles. (for free)

3. Dial Up pakai Telkomnet Instan, 0809089999, lumayan 6 ribuan per jam.Bisa diiacces di rumah maupun dikantor, bengkak billing telpon.(not free)

4. Pakai GPRS, yach pakai Mentari ,lumayan murah Rp. 111/menit or Rp 1,-/kb, bisa online everywhere di sinyal mentari terjangkau. (not free), tutorial next...

From Malinau, from zero to hero.

02 July 2007

Semalam di malaysia...

wellcome to Batam, Singapore n Kualalumpur..,
4 Juni- 8 Juni, sampai ketemu di batam .., merci boucoup..