29 November 2007

Malinau Sumbang 100 Bibit Gaharu untuk Jakarta

Bibit Terbaik, Langsung Didatangkan dari Malinau


MALINAU - Bupati Malinau Dr Drs Marthin Billa MM akan memberikan 100 bibit pohon gaharu kepada Gubernur DKI Jakarta, Ir Fauzi Bowo. Penyerahan dijadwalkan pada 1 Desember mendatang di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.
Plt Kabag Humas dan Protokol Setkab Malinau, M Fiteriady, mengatakan, pemberian bibit pohon gaharu ini sebagai wujud peduli lingkungan dan dalam upaya menyongsong Pertemuan Internasional tentang Perubahan Iklim global (Global Climate Change Summit) di Denpasar, Bali pada Desember 2007.

Menurut informasi, jumlah peserta yang akan hadir dalam pertemuan tersebut diikuti 168 negara dan kurang lebih 15.000 orang delegasi. “Sebagai wujud dukungan tersebut, Bupati akan menyerahkan 100 bibit gaharu tersebut kepada Gubernur DKI Jakarta secara simbol
Ghis,” ujarnya.

Dijelaskan, bibit pohon gaharu ini langsung didatangkan dari Kabupaten Malinau dan merupakan bibit unggul pohon gaharu. Rencananya bibit pohon ini akan dikirim melalui pesawat dan dibawa langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Malinau, Ir A Gerard Silooy.

Pemberian bibit pohon gaharu ini dimotori dan merupakan ide Bupati Marthin Billa sebagai bentuk kepedulian dalam upaya pemulihan lingkungan. Selain itu juga untuk pengurangan laju deforestasi terhadap meningkatnya gas rumah kaca. “Juga sebagai bentuk konkret mempererat tali silaturahmi antara dua daerah, Jakarta dan Malinau,” sebutnya.

Kepedulian terhadap pemeliharaan lingkungan ini, lanjutnya, telah dicanangkan pemerintah pusat antara lain melalui Gerakan Nasional Rehabilitasi Lahan dan Hutan (GERHAN), Pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI), pembangunan hutan tanaman rakyat, kampanye Indonesia menanam dan Swadaya masyarakat. Oleh sebab itu, untuk mendorong semangat kebersamaan dan tekad yang kuat dari segenap unsur masyarakat untuk perbaikan lingkungan, perlu dilakukan penanaman serentak. Ini sebagai langkah awal dimulainya kegiatan penanggulangan pemanasan global dan salah satu yang diagendakan Marthin Billa, adalah pemberian bibit gaharu untuk Jakarta.

Selain sebagai bahan penghijauan, bibit gaharu diberikan untuk melestarikan salah satu kekayaan alam Indonesia yang ada di Kabupaten Malinau. Ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Marthin Billa di Jakarta dan Bali. Bahkan, di Malinau saat ini sudah melakukan melestarikannya melalui program reboisasi dan perkebunan dalam beberapa tahun terakhir. Gaharu merupakan salah satu komoditi hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang cukup dapat diandalkan, khususnya apabila ditinjau dari harganya yang sangat istimewa bila dibandingkan dengan HHBK lainnya.

Nilai jual yang tinggi dari gaharu ini mendorong masyarakat untuk memanfaatkannya. Gaharu juga dikenal karena memiliki aroma yang khas dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti parfum, pewangi ruangan, obat, dan sebagainya. “Mempertimbangkan nilai jual gaharu, patut diupayakan peningkatan peranan gaharu sebagai komoditas andalan alternatif untuk penyumbang devisa dari sektor kehutanan selain dari produk hasil hutan kayu,” pungkasnya.(ida)

Tahukah i kilogram gaharu super samapai 35 juta, pengusaha gaharu, untuk menggerakkan orang gaharu bisa modal sampai 80-90 juta.

(sumber: http://www.radartarakan.com, 27 November 2007)

1 comment:

Moss said...

Peluang usaha parfum refill, mau tahu caranya ?

Buat kamu yang penasaran bagaimana memulai usaha parfum refill, jangan
kuatir modalnya kecil kok, plus kamu bisa tahu cara meracik, fungsi
bahan-bahan yang dipakai dalam usaha ini, dll.

Pokonya klik aja www.bibitparfum.com

===========================================================================================
Cara agar dapat penghasilan tambahan sambil main internet ternyata
mudah !
Free Money Team Site URL: http://www.freemoneyteam.com/?8075
Free Money Program List URL: http://www.freemoneyteam.com/p.cgi/8075/
* Hello semuanya! Saya baru saja menemukan tempat membuat wesite
hosting gratis, plus disitu kalau kamu daftar bisa jadiin hobi kamu
pakai internet juga menghasilkan tambahan uang, caranya klik dan daftar di
http://www.000webhost.com/28892.html terus join program affiliate
Fasilitas webiste hosting gratis ini diantaranya :
- 250 MB of Disk Space
- 100 GB Bandwidth
- Your own domain hosting
- cPanel Control panel
- Over 500 website templates ready for download
- Free POP3 Email Box and Webmail access
- FTP and Web based File Manager
- PHP, MySQL, Perl, CGI, Ruby.
- No Ads at all !