18 July 2006

back to malinau...14 juli


Kamis, back to malinau, sabtunya ke tarakan lagi, senin pagi kembali ke malinau, perjalanan yang interested :
Satu :
pulang balik tarakan_malinau ternyata sama saja, jumlah penumpang speed berkurang, dua jadwal tercancel 07.30 dan 08.15 jumlahnya kurang dari 15 orang, speed tidak jadi berangkat, dibanding setahun yang lalu atau dua tahun yang lalu, lalu lalang malinau tarakan begitu padat berbalik dengan realitas terkini :
1. Investasi malinau mengalami penurunan, perputaran ekonomi didominasi oleh anggaran dari APBD, Activitas Indusri Raw Material berkurang; Tambang Batubara stagnan, penurunan jumlah produksi membuat penurunan kebutuhan tenaga.
2. Jantung APBD adalah project. Juni belum panas, nanti ketika proses lelang sudah dilalui, agustus mulai menggeliat, expecially: jika ada project yang investornya baru ( dari luar malinau ), speed akan penuh lagi .
Catatan untuk project APBD 2006 malinau :
1. Project malinau harus dilelang, arahan akan membuat iklim berinvestasi di malinau akan terpuruk. Konstalasi politik imbas Pilkada memberi ruang sempit bagi Superior Policy.
2. Superior Policy harus mendapat balancing information, jangan mudah percaya akan kondisi stuktural di bawah, perlu juga menyaring referensi dari pihak-pihak yang pure kalo perlu yang berseberangan.
3. Perlu Refreshing structural, mutasi yang berbasis kompetensi dan loyality.

Dua :
Perjalanan speed terganggu penambangan pasir, bisa tenggelam perahunya. Watch out !!